Kamis, 28 Juli 2011

Home room program

Pengertian Homeroom
Ada beberapa pengertian homeroom, antara lain :
§ Menurut Pietrofesa (1980), homeroom adalah teknik untuk mengadakan pertemuan dengan sekelompok siswa di luar jam-jam pelajaran dalam suasana kekeluargaan, dan dipimpin guru atau konselor.
§ Menurut Nana Sy. Sukmadinata (1977), homeroom adalah suatu program pembimbingan siswa dengan cara menciptakan situasi atau hubungan bersifat kekeluargaan.

Jadi homeroom menurut aku adalah suatu teknik layanan bimbingan kelompok yang dilakukan dengan cara menciptakan situasi yang bersifat kekeluargaan ( suasana seperti dirumah ) . Cara penciptaan suasana kekeluargaan ini dapat dilakukan oleh anggota kelompok dengan berperan sebagai ayah, ibu dan anak . hehe . unik ya teknik bimbingan ini . kaya maen drama gitu . ada yang berperan sebagai ayah , ibu dan anak . dan peran ini bisa dilakukan secara bergantian loh ..
Tujuan
Tujuan dari pelaksanaan homeroom ini, yaitu :
  • Menjadikan peserta didik akrab dengan lingkungan baru
  • Untuk memahami diri sendiri ( mampu menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri ) dan memahami orang lain dengan (lebih) baik
  • Untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok
  • Untuk mengembangkan sikap positif dan kebiasaan belajar
  • Untuk menjaga hubungan sehat dengan orang lain
  • Untuk mengembangkan minat dan keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler
  • Untuk membantu peserta didik dalam memilih bidang spesialisasi
  • Sadar akan kepentingan sendiri
Waktu Pelaksanaan
Homeroom dilaksanakan pada saat peserta didik membutuhkan / memerlukan bantuan dalam memecahkan dan menyelesaikan masalahnya sendiri melalui media kelompok dengan suasana kekeluargaan.
Program ini dilaksanakan di luar jam pelajaran dengan menciptakan kondisi sekolah atau kelas seperti di rumah sehingga tercipta kondisi yang bebas dan menyenangkan. Dengan kondisi tersebut siswa dapat mengutarakan perasaannya seperti di rumah sehingga timbul suasana keakraban.
http://kikyakiko.blog.uns.ac.id/2010/09/17/homeroom-2/
http://iznanew.blogspot.com/2010/01/tehnik-bimbingan-dan-konseling.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar